Friday, January 14, 2011

antara mau dan tidak

kelas oriflame terakhir yang aku datangi, agak beda dengan kelas yang sebelum2nya. aku sadar, kalo ternyata aku nih orang yang berasa bisa, padahal ga bisa. entah itu ga mampu, atau ga mau.
kayanya sih yang kedua, alias ga mau. selama ini aku cukup dengan hemat-hemat-hemat. then i realize, buka lemari, baju numpuk, tapi entah itu baju dari taun kapan. setelah aku pikir2, kayanya temen2 dah pada bisa nebak deh kalo janjian sama aku, aku bakal pake baju apa, karna yang dipake itu2 aja, sedangkan tumpukan baju lama itu baju2 yang udah sama sekali jauh dari layak pakai. ga bersyukur? geser dikit, ngaca di meja rias, aku liat ibu2 muka kusam, rambut kesana sini ga jelas maunya, badan ga terurus. geser lagi, liat tas, sama koleksi sepatu. intinya semua serba apa adanya. yang ada ya dipake. yang dipake ya itu melulu. kelihatannya seperti ga bersyukur yah? mungkin bisa dibilang gitu. tapi buat aku ini lebih ke ketidakpuasan.
beneran deh, aku sama sekali ga puas hidup kayak gini.
bukan mengecilkan suami, bukan gak anggap semua yang udah suami kasih. kalo aja aku minta ini itu sama dia, aku yakin dia bakal berusaha utk nyenengin istrinya ini. tapi apa pantes, aku selalu minta? aku juga pengen bikin dia seneng, dengan cara mandiri secara finansial, sukur2 bisa kasi dia sesuatu yang dia pengen.
kemarin2, antara mau dan ga mau aku ngejalanin oriflame. sekarang, aku dihadapkan sama situasi yang bikin aku bener2 HARUS rajin oriflamean dan 'jadi' di sini, mau, ataupun nggak mau, aku harus mau.

umur 31, ga kerja, ga kluar rumah, jujur butekkkk banget. dulu ga kluar rumah ga masalah karena bisa beli buku dan ngumpet seharian di kamar baca buku. sekarang? BELI buku butuh uang. masa mau minta terus? sementara aku harus menghargai keringat suami, kerja keras suami, untuk hal2 yang lebih penting dari sekedar beli novel.
mau dan nggak mau... nyata banget bedanya... orang yang mau akan selalu berusaha tapi orang yang tidak mau, akan selalu mencari2 alasan untuk tidak bergerak. malu, karena aku pernah jadi si nggak mau..walaupun sekarang sudah jadi 'si mau' hambatan itu tetap ada, godaan nggak mau selalu mendekat. tapi ini tantangan, aku nggak boleh nyerah. untuk tahun keduaku di oriflame, aku MAU akhir tahun titleku sudah director, dan aku bakal berusaha keras untuk itu.

No comments:

Post a Comment