Friday, December 17, 2010

memilih teman

setiap hari jumat, temenku selalu kasih renungan. hari ini, renungannya begini:
Pengalaman telah membuktikan bahwa sebagian besar warna jiwa kita dibentuk oleh lingkungan. oleh karena itu, kesadaran utk memilih lingkungan yang sehat adalah sikap yang bijaksana. Sebagai ilustrasi, renungkanlah kisah yang dialami oleh kulit kambing berikut ini:
ada dua helai kulit kambing. yang satu 'berteman' dengan Al-Qur'an, dan yang satunya bertemn dengan kayu. Kulit kambing yang berteman dengan Al-Qur'an (maksudnya ia menjadi pembungkus Al-Qur'an), mengalami nasib yang amat baik. Ia tidak mungkin diinjak2 orang, ataupun diletakkan di tempat yg kotor. Bahkan banyak orang yang suka menciumnya sebelum mengeluarkan kitab Al-Qur'an yg dibungkusnya itu.
Lain halnya yang dialami oleh kulit kambing yang berteman dgn kayu. Tampaknya tidak akan pernah ada yg semalang nasibnya. Setiap hari, paling sedikitnya 5 kali, ia dipukul orang. dengan sekuat tenaga. Rupanya ia dijadikan beduk!
ilustrasi tadi mengungkapkan, kita harus pandai2 dalam memilih teman ,lingkungan yang baik akan membawa kita pada kebaikan pula, sebaliknya, lingkungan jelek lama kelamaan akan membawa kita pada kejelekan. Bukankah jika kita berdekatan dengan asap, maka kita juga akan berbau asap? Bila tidak memungkinkan untuk kita menghindar dari lingkungan buruk, maka pandai2lah kita membentengi diri. Tirulah ikan di laut. Ia demikian pintarnya membentengi diri, sehingga walaupun ia hidup di lingkungan yang asin, tapi selama hidupnya, pantang untuknya menjadi ikan asin! Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama2 dengan orang2 yg dianugerahi nikmat oleh Allah SWT, yaitu: nabi-nabi, para shadiiqin, orang2 saleh. Dan mereka itulah teman yg sebaik2nya (An-Nisaa' (4):69)
aku sudah membuktikan, di BOSSFamily, begitu banyak orang2 positif, yang membawa pikiran dan tindakan positif untuk aku pribadi. di luar sana, ada banyak lingkunga negatif yg cukup kita lihat dari luar tanpa kita harus masuk ke dalamnya.
semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment